Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.

Cara Kerja :
Pada saat user/client dari jaringan lokal (192.168.1.3) mengakses internet (www.facebook.com) lewat browser maka PC client tersebut akan menghubungi proxy server melalui eth1 (192.168.1.2) kemudian proxy server meneruskan request tersebut melalui eth0 (82.12.20.42), kemudian diteruskan ke alamat server yang direquest user, setelah mendapat respon balik ke proxy server akan diteruskan kembali ke user. Dan terbukalah tampilan http://www.facebook.com pada browser user.

Kemudian agar user dapat menggunakan proxy server maka dilakukan beberapa pengaturan pada aplikasi yang dipakai user, misalnya pada browser Mozilla Firefox pengaturan ada di Tools – Options – Advanced – Network – Settings, kemudian pilih Manual proxy configuration, dan isi IP proxy yang dipakai dan port yang digunakan.



Pengaturan tersebut juga dilakukan pada aplikasi-aplikasi yang mmbutuhkan koneksi internet, misal Internet download manager, Yahoo messanger, Antivirus untuk melakukan update online, dll.

About Tulisan TKJ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top